Panduan Untuk Berfikir Lebih Kreatif

Tidak ada komentar
kreatif
Kamu mungkin telah tidak asing mendengar arti “berpikir diluar kotak (thinking out of the box) ”. Bagaimana bila kita katakan kalau siapa pun dapat jadi lebih kreatif – dan dengan hal tersebut lebih dapat memecahkan permasalahan, kerjakan proyek-proyek unggulan, dan keseluruhannya jadi pribadi yang lebih menarik – tanpa ada berupaya mengerjakannya dengan keras?

Hal semacam itu benar, dan berikut buktinya : Peneliti dari University of California, Santa Barbara, memiliki siswa yang bekerja pada latihan kreatif, dan lalu berikan merekka istirahat. Selama waktu istirahat, beberapa siswa disuruh untuk benar-benar bestirahat, bekerja pada tes memori intensif, menamai warna yang nampak di layar computer, atau tidak betul-betul mengambil istirahat sekalipun. Setelah mereka kembali bekerja, beberapa siswa yang sudah melakukan pekerjaan enteng menamai warna warna melakukan pekerjaan mereka lebih baik di banding siswa lain.

Kenapa? Fikiran kreatif kita akan mengalir bebas selama kerjakan pekerjaan apa pun ketika fikiran lebih mudah untuk mengembara, kata Jonathan Schooler, PhD, seseorang profesor psikologi di UC Santa Barbara dan salah satu penulis studi itu. Dengan kata lain, berikut yang menerangkan kenapa kamu memiliki bebrapa inspirasi paling baik ketika berada di kamar mandi – karena kesibukan yang tepat akan bikin fikiran kamu untuk selalu dan selalu memikirkan.

Tersebut disini sembilan metode berpikir kreatif kamu mengalir.

1. Ambillah istirahat. 

Namun bukanlah sembarang istirahat : Istirahat yang memengaruhi kreatifitas mencakup aktivitas yang memerlukan cukup gerak – tetapi malah tidaklah terlalu mengasyikkan seperti jalan-jalan atau berkebun, kata Schooler.

2. Tidur sebentar. 

Tak ada yang bisa menghindar krisis di siang hari dengan perkataan “Saya bosaaan”, dan hal yang sama saja dapat menimpa kamu. “Orang-orang lebih produktif dan kreatif setelah tidur siang, ” kata Schooler. Tidur sebentar dapat menolong kamu merampungkan permasalahan di mana kamu tidak dapat mengerjakannya ketika terbangun. Kenapa? Karena fikiran kamu dapat jalan liar ketika kamu punya mimpi. Tetapi sudah pasti untuk kamu yang bekerja di kantor, harus memiliki bebrapa trick khusus agar kamu dapat beraktivitas ini.

3. Meditasi 

Bila kamu tidak miliki waktu untuk meditasi, ambil beberapa menit untuk menentramkan fikiran kamu. Menurut sebuah riset paling baru di Frontiers in Psychology, meditasi mendorong pemikiran yang kreatif. “Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Kamu, fokus pada napas kamu, ” kata Schooler.

4. Buat sedikit kebisingan 

Diam malah dapat “memekakkan” telinga. Menurut riset paling baru, disebutkan kalau bekerja di lingkungan yang cukup bising menolong orang jadi lebih produktif dan kreatif. Tingkat kebisingan yang maksimal pas dengan sebuah kedai kopi, namun bila kamu tidak dapat bekerja didalam Starbucks, pergilah ke kantin kantor kamu atau sebatas buka pintu ruang kerja kamu. Kuncinya yaitu membiarkan otak kamu memperoleh input dari ketidakpastian yang ada di sekitar kamu.

5. Go green 

Lihat benda-benda hijau akan tingkatkan fikiran yang kreatif, demikian kata sebuah riset di Jerman beberapa waktu terakhir. Otak kita mengasosiasikan warna dengan alam dan perkembangan, yang meningkatkan inovasi. Yang diperlukan hanya dua detik untuk lihat suatu hal yang hijau, jadi teruskanlah memandang tanaman.

6. Optimalkan berkendara anda 

Siapa tahu ada jalan lain untuk bolak-balik menuju pekerjaan kamu atau toko serba ada berlangganan kamu. Mengubah rute berkendara kamu menuju suatu tempat akan menolong tingkatkan kreatifitas kamu, terlebih bila kamu punya kebiasaan mengambil jalan besar yang condong menjemukan, kata Schooler.

7. Log out 

Bermain facebook atau game computer akan tidak bikin otak jadi lebih kreatif. “Banyak website hiburan mungkin akan cukup menarik, ” kata Schooler. Dibanding melakukan hal itu, sebaliknya kerjakanlah doodling (menggambar sembari melamun atau sembari terlibat percakapan atau sembari pikirkan suatu hal).

8. Punya mimpi kecil 

Tutup mata kamu dan pikirkan hari esok kamu. Apa yang kamu saksikan? Nah, semakin lebih kreatif bila kamu selalu seperti ini. “Ketika orang memikirkan diri mereka jauh di hari esok, hal semacam itu mengakibatkan fikiran untuk berpindah ke cara memikirkan global yang dapat sangat bermanfaat, ” kata Schooler. Namun memikirkan apa yang akan kamu makan untuk makan siang kamu besok tidak masuk hitungan. Impikan hari esok yang sangat jauh – seperti lima th. atau lebih – untuk hasil paling baik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar